Year 5774 : Ayin Dalet


boththingysAyin Dalet adalah tahun 5774 (bagi kita 2014) yang dimulai pada hari Rabu malam tanggal 04 Sept 2013 bagi bangsa Yahudi. Saya sangat excited melihat tahun baru ini  jika melihat makna dari bentuk tulisan Dalet. Ingatlah bahwa abjad dalam bahasa Ibrani juga berfungsi sebagai angka, maka setiap karakter alfabet memiliki nilai numeris. Selain itu, setiap huruf Ibrani masing-masing memiliki makna pictorial dari bentuk gambarnya.  Ayin Dalet artinya“74″ dalam bahasa Ibrani – ayin artinya 70 dan dalet, 4. 

Ayin “70″
Setiap dekade mempunyai tema masing-masing. Ayin “70″ memiliki tingkatan makna yang akan berlaku selama 10 tahun ke depan. 2011 dikenal sebagai ayin aleph, 2012 sebagai ayin bet, 2013 sebagai ayin gimel dan demikian seterusnya.  Makna dari kata “ayin” adalah – mata; untuk melihat, dan melihat lebih jauh, menjadi mengerti dan taat.ayin

Ayin digambarkan seperti sepasang mata. Ayin adalah silent letter sehingga tidak bisa dilafalkan dan tidak ada terjemahannya dalam bahasa inggris.  'Melihat, tetapi tidak berbicara' dapat diartikan sebagai kerendahan hati (humility).  Ayin juga diartikan sebagai “mata” atau "mata air”, a fountain of wisdom and the ability to perceive wisdom.  Banyak muncul pesan-pesan kenabian pada dekade ini  (5770 atau 2010), ada yang melihat Ayin sebagai sesuatu yang baik tetapi ada juga sebaliknya.  Daripada melihatnya dari sisi yang judgmental, saya memilih untuk melihatnya dari sisi yang lebih optimistic saja.  Jadi, dimulai tahun 2010 semua "mata" kita mulai terbuka, dan proses ini akan berlanjut sepanjang dekade ini karena setiap pertambahan tahun kita akan mendapat pengertian-pengertian khusus dari makna pictorial penulisan tahun-tahun Ibrani ini.
dalet 
Dalet “4″
Dalet menggambarkan sebuah pintu, seperti pintu pada tenda/kemah.  Dalet dapat diartikan bergerak memasuki suatu kemah/tenda atau bergerak keluar dari kemah.  Apakah kita akan bergerak keluar dari kemah yang mengurung kita atau kita akan tetap di dalam kemah sambil meratap seperti Abram "Tuhan tidak memberikanku keturunan sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku (Kejadian 15:3)". Tetapi Tuhan menjawab  Abram, Tuhan membawanya "keluar" dari kemahnya serta berfirman "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.(Kejadian 15:5)"... "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu"... Janji Tuhan yang luar biasa.

Semoga tulisan ini meneguhkan anda untuk mulai bergerak keluar dari kemah kurungan, kemah frustrasi, kemah kegagalan, atau kemah apapun yang tidak baik yang mengurung anda selama ini sehingga tidak mengalami penggenapan janji-janji Tuhan. Ingatlah kembali janji-janji Tuhan. Lihatlah berkat-berkat yang Tuhan sediakan.

Dalet juga mempunyai arti "poor" , miskin. Matius 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga",  Di tahun Ayin Dalet ini marilah kita memiliki hati yang 'miskin' dihadapan Allah yaitu selalu berharap dan mengandalkan Tuhan. Keep a humble heart.

Kata 'miskin' juga mengingatkan kita supaya memperhatikan orang-orang miskin. Supaya kita gereja Tuhan mempunyai kemurahan hati bagi orang-orang yang berkekurangan.

Di dalam tahun Ayin Dalet ini kita akan melihat "pintu" yang selama ini tertutup akan dibukakan oleh Tuhan, mungkin itu adalah 'pintu menuju kesembuhan', 'pintu menuju berkat finansial', 'pintu menuju keluarga yang harmonis', 'pintu menuju bisnis yang baru'. Apapun arti pintu itu bagi kita, Tuhan akan membukanya. Bukan karena kekuatan dan kemampuan kita tetapi oleh kuasa anugrah Allah melalui Tuhan Yesus.
Tetapi Tuhan juga mengingatkan kita, ketika 'pintu' itu telah Dia bukakan, tetaplah memiliki hati yang 'miskin' dihadapanNya, keep a humble heart dan jangan lupa untuk membantu orang-orang yang miskin.

Tuhan Yesus memberkati kita semua...

Comments

Popular posts from this blog

Karyawan Baygon Menulis Ini Untuk Anda

KISAH INSPIRASI : Profesor dan Pelaut

Benarkah Yesus Kristus Lahir Pada Tanggal 25 Desember ?